Berbagai Macam Software Simulasi Kelistrikan

      Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat dan berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia. Dalam hal ini kami akan menyajikan beberaoa rekomendasi dari software yang dapat digunakan untuk mensimulasikan kelistrikan dalam komputer pada umumnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa ulasam dibawah ini. Semoga dengan ulasan yang kami berikan dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat.

  •  Phet Simulation

          Phet Simulation merupakan sebuah software yang digunakan untuk mensimulasikan dasar - dasar dari kelistrikan. Didalam software ini kita bisa melakukan simulasi dengan beberapa komponen didalamnya, seperti kapasitor, resistor, dioda dan lain - lain. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi anda yang mau belajar dasar dari kelistrikan. Seperti, bagaimana arus mengalir pada rangkaian seri, perbedaan rangkaian seri dan parralel simulasi rangkaian dengan beberapa komponen, dsb.
Simulasi Pengukuran Arus dan Tegangan dengan Menggunakan Aplikasi Phet

  •  Matlab

           Matlab merupakan jenis software simulasi kelistrikan yang lebih lengkap. Biasanya matlab digunakan untuk menganalisa rangkaian listrik maupun rangkaian yang berhubungan dengan kontrol elektronika. Selain sebagai simulasi matlab dapat juga digunakan sebagai aplikasi penganalisa dalam melakukan penelitian dan riset, sebab data yang diolah pada aplikasi ini sangatlah akurat. Matlab juga memiliki interface tersendiri. Kita dapat juga menggunakan simulink yang berada pada matlab untuk melakukan simulasi kontrol mesin - mesin elektro, atau lebih sederhananya lagi adalah sistem kontrol mesin - mesin listrik. Matlab juga dapat digunakan dalam perhitungan rumit, dengan memasukkan rumus tertentu.
Simulasi Sistem Kontrol dengan Menggunakan Aplikasi Matlab

  • Proteus

                 Bagi kalian yang hobby membuat suatu alat maupun robot, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Proteus merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan untuk menyimulasikan suatu rangkaian elektronika yang akan kita buat. Dalam Proteus ini tersedia banyak sekali jenis komponen yang dapat kita gunakan untuk menyimulasikan. Jenis - jenis komponen dalam aplikasi ini terbilang lumayan lengkap. Komponen dapat kita pilih sesuai dengan tipe, pabrikan yang membuat komponen bahkan ukuran komponen yang sama seperti aslinya. Selain digunakan untuk mensimulasikan sebuah rangkaian proteus juga dapat digunakan sebagai pembuat rangkaian di papan PCB atau lebih dikenal dengan istilah PCB Schematic. Untuk dapat membuat sebuah Schematic PCB pada aplikasi ini, kita harus lebih teliti lagi. Sebab berbagai macam ukuran dan jenis komponen tergolong lumayan banyak. Oleh sebab itu untuk menentukan komponen yang sesuai dengan yang kita inginkan alangkah baiknya melakukan pengamatan terlebih dahulu.
    Simulasi Rangkaian elektronika dengan Menggunakan Proteus


  • Frietzing

            Fritzing merupakan sebuah aplikasi simulasi yang dibuat perusahaan pengembang aplikasi frietzing.org. Aplikasi frietzing berfungsi sama dengan aplikasi proteus namun mempunyai perbedaan. Frietzing lebih baik dalam segi penggembaran dalam komponen dibandingkan dengan proteus. Frietzing juga mempunyai forum tersendiri, tujuan dibentuknya forum tersebut adalah sebagai wadah sharing antara sesama pngguna frietzing, dalam hal ini kita dapat berbagi project simulasi, library frietzing, maupun project tentang schematic PCB yang telah dibuat. Didalam forum Fritzing.Org kita dapat menjumpai orang - orang dari Seluruh dunia, maka dari itu kita akan mendapatkan berbagai macam pengalaman tentang aplikasi ini. Menurut kami aplikasi Frietzing sangat direkomendasikan untuk simulasi dan pengajaran, sebab kualitas grafik dari aplikasi ini tergolong sangatlah mumpuni sehingga dapat menarik saat dilakukan pembalajaran maupun saat penjelasan project.
    Simulasi Arduino dengan Menggunakan Aplikasi Fritzing

  • Arduino sim
  •       Arduino Sim merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimulasikan pemrograman arduino. Didalam simulasi ini kita akan menemui beberapa komponen yang dapat kita simulasi dengan cara memasukkan pemrograman terlebih dahulu menggunakan ARDUINO IDE. Setelah melakukan pemrograman dengan menggunakan aplikasi tersebut. Kita terlebih dahulu untuk memasuukan program kedalam serial port pada aplikasi Arduino Sim. Setelah itu kita  dapat menggunakan coding tersebut dalam aplikasi tersebut. Dan mencoba beberapa komponen seperti : Display, Seven Segment, Motor servo, Motor DC, maupun komponen lain.

    Simulasi Arduino dengan Menggunakan Aplikasi Arduino Sim 

  • LiveWire


            LiveWire merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan rangkaian elektronika. Biasanya rangkaian ini digunakan dalam pembelajaran dalam mata kuliah rangkaian listrik. Dalam mata kuliah tersebut kita akan mendapatkan banyak sekali beberapa jenis rangkaian elektronika, didalam pembelajaran tersebut kita juga dituntut untuk menganalisa rangkaian tersebut. Namun kebanyakan dalam mahasiswa banyak yang mengeluh sebab betapa susahnya menghitung dan menganalisa rangkaian elektronika hanya dari rumus serta perhitungan, maka dari itu aplikasi ini hadir sebagai solusi untuk menganalisa keadaan rangkaian elektronika tersebut. Dalam aplikasi LiveWire kita dapat menggunakan berbagai jenis komponen serta alat yang pengukurannya. Dari komponen yang ada kita bisa merangkai komponen tersebut menjadi sebuah rangkaian elektronika. Untuk menganlisa kita bisa dengan mudah hanya dengan menempelkan kursor kita ke jalur rangkaian elekronika kita. Dengan begitu arus serta tegangan yang kita rangkai dengan sendirinya akan terbaca.
    Simulasi Power Supply dengan Software LiveWire

  • EKTS

          EKTS merupakan sebuah software simulasi yang diigunakan untuk mensimulasikan rangkaian listrik yang memiliki tegangan besar dan arus yang kuat atau sering kita sebut elektro arus kuat. Dalam aplikasi ini kita dapat mensimulasikan sebuah rangkaian yang berhubungan dengan listrik arus kuat, biasanya listrik arus kuat kita jumpai dalam dunia industri. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar kita memahami rangkaian - rangkaian yang berada dalam dunia industri tersebut. 
    Simulasi Rangkaian 3 Fasa dengan Software EKTS

  • CX - Programmer
  •      CX - Programmer merupakan sebuah aplikasi buatan Omron. Aplikasi ini ditujukkan untuk pemrograman PLC ( Progammable Logic Controller ). Aplikasi ini digunakan untuk membuat pemrograman rangkaian hanya ditujukkan pada PLC omron saja. Untuk pemrograman PLC merk lain memiliki pemograman PLC tersendiri. Namun bahasa pemrograman yang digunakan hampir sama. Selain digunakan dalam pemrograman PLC, aplikasi dapat digunakan juga dalam pembelajaran untuk lebih memahami PLC. Untuk diketahui bahwa dalam merangkai rangkaian pemrograman dalam aplikasi ini kita harus memahami prinsip kerja dari rangkaian yang akan kita buat terlebih dahulu. Sebab dengan mengetahui prinsip kerja dari rangkaian tersebut maka kita bisa menjalankan aplikasi sesuai dengan yang kita inginkan serta tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan.
    Pemrograman PLC menggunakan Software CX - Programmer

14 comments for "Berbagai Macam Software Simulasi Kelistrikan"

  1. Dari dulu sih saya bln paham yg Pritzing,soalnya lumayan juga untuk d pelajarinya lumayan bikin pusing

    ReplyDelete
  2. Yang saya tahu cuma arduino karena sering liat di salah satu channel yt. Ternyata banyak juga softwarenya apakah semua software ini open source? Ada yang berbayar atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua open source gan, tapi ada juga yang berbayar

      Delete
  3. kelistrikan, mendengar namanya saja saya sudah pusing apalagi kalau harus mempelajarinya wkwkw

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada software yang beginian. dulu waktu di STM jurusan Listrik, kami hanya belajar cara membuat instalasi listrik di papan PCB secara manual.
    Infonya sangat menarik gan, sepertinya memang kita yang mesti update dan beradaptasi di industri 4.0 ini..

    ReplyDelete
  5. Berat materinya, makasih udah share macam2 softwarenya

    ReplyDelete
  6. Dengan membaca artikel diatas, saya menjadi sedikit paham mengenai perangkat elektronik.

    Makasih gan

    ReplyDelete
  7. Mantap gan sering sering buat artikel seperti ini saya suka membacanya

    ReplyDelete
  8. Nah cocok ini untuk anak-anak yang sekolahnya di jurusan mekatronika atau kuliah di jurusan elektro, pokoknya yang di jalur kelistrikan hehe

    Saya rasa untuk beberapa software di atas membutuhkan spek laptop yang bagus ya gan, soalnya ada beberapa temen saya kadang mengeluhkannya. Bagaimanapun dengan adanya software dapet mempermudah dalam pembuatan program.

    ReplyDelete
  9. Apakah software di atas membutuhkan spesifikasi tertentu? Kalau tidak ada batasan dan semua PC bisa digunakan untuk menjalankan software tersebut sangat menguntungkan banget sih

    ReplyDelete
  10. yang pernah diinstal di laptop ada beberapa. Tapi yang sering dipake EKTS. buat belajar kontaktor dulu...

    ReplyDelete
  11. Wah jujur saya belum tahu semua software tersebut diatas, tapi mungkin nanti saya kepoin dulu siapa tahu membantu kapan hari.

    ReplyDelete
  12. Software ini sangat membantu dikala ndak ada kegiatan dan khususnya seperti saya yng suka otak atik wkkwkw

    ReplyDelete
  13. Ada yang versi android gak kak?
    Kek nya lebih gampang kalo di smartphone.hehehe

    _tio

    ReplyDelete

Post a Comment